JANGAN MEMBICARAKAN AIB
ORANG LAIN
Bismillaahirrahmaanirrahiimi
Assalamualaikum Warahmatullai Wabarkaatuh
#Oleh: Abu Samah Al-Hafidz
Tidak ada manusia yang sempurna dalam segala
hal. Selalu saja ada kekurangan. Boleh jadi ada yang indah dalam rupa, tapi ada
kekurangan dalam gaya bicara. Bagus dalam penguasaan ilmu, tapi tidak mampu
menguasai emosi dan mudah tersinngung, kuat di satu sisi, tapi lemah di sudut
yang lain.
Dari situlah kita harus cermat mengukur
timbangan penilaian terhadap seseorang. Apa kekurangan dan kesalahannya. Kenapa
bisa begitu, dan seterusnya. Seperti apapun orang yang sedang kita nilai,
keadilan tidak boleh dilupakan. Walaupun terhadap orang yang tidak disukai,
yakinlah kalau di balik keburukan sifat seorang mukmin, pasti ada kebaikan di
sisi yang lain.
Allah SWT memerintahkan kepada orang-orang
beriman agar senantiasa bersikap adil. Perhatikan firman-Nya berikut ini: “Hai
orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan
(kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali
kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil.
Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah
kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS.
Al maidah [5]:8)
Dengan timbangan yang adil, maka penilaian kita
bisa jadi proporsional. tidak serta-merta menilai bahwa orang itu pasti
salah. Mungkin ada sebab yang membuat ia lalai, lengah, dan kehilangan kendali.
Bahkan mungkin jika kita berada di posisi dan
situasi yang sama, kita pun tidak lebih bagus dari orang yang kita nilai. Karena itu, lihatlah terlebih
dahulu kekurangan dalam diri kita sebelum kita menilai kekurangan orang lain.
Ego manusia cenderung mengatakan kalau ”sayalah
yang lebih baik dari yang lain”. Ego seperti inilah yang kerap membuat
timbangan penilaian jadi tidak adil. Kesalahan dan
kekurangan orang lain begitu jelas, tapi kekurangan diri sendiri tidak
pernah terlihat. Padahal, kalau saja
bukan karena anugerah Allah SWT yang berupa tertutupnya aib diri, tentu orang
lain pun akan secara jelas menemukan aib kita.
Sebagian dari kita, ada yang bisa menahan diri
untuk tidak membuka dan membicarakan aib orang lain, tapi ada juga sebagian
dari kita yang sulit menahan diri untuk tidak mengabarkan keburukan seseorang
kepada orang lain. Bagi sebagian orang, hal ini terasa sulit, karena lidah
kerap kali usil. Selalu saja tergelitik untuk menyampaikan isu-isu baru yang
menarik. Walau sebenarnya dia mengetahui, bahwa sesuatu yang menarik buat orang
lain kadang buruk buat objek yang dibicarakan. Di situlah ujian seorang mukmin
untuk mampu memilih dan memilah, mana yang perlu dikabarkan dan mana yang
tidak. Perhatikan sabda Rasulullah SAW sebagai berikut: “Tidak akan masuk
surga orang yang suka mendengar-dengar berita rahasia orang lain.”
(Al-Bukhari).
Sebaiknya, sebelum kita memberi reaksi terhadap
aib orang lain, lihatlah dengan jujur seperti apa diri kita lebih baik atau
lebih buruk? Apabila ternyata kita lebih baik, maka bersyukurlah, namun jika
ternyata kita lebih buruk, maka segera bertobatlah. Inilah yang dimaksud
dengan: ”bahwa seorang mukmin, adalah cermin bagi mukmin lainnya. Dan bila kita
menemukan bahwa diri kita masih lebih baik dari saudara semukmin kita, jangan
menjadikan kita sombong dan jangan menyebarkan aib orang lain”.
Seorang mukmin dengan mukmin lainnya adalah
bersaudara. Perhatikan firman Alllah SWT brikuit ini: ”Orang-orang beriman
itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan)
antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat
rahmat. (QS. Al Hujuraat [49] : 10)
Ketahuilah, orang yang gemar membicarakan aib
orang lain, sebenarnya tanpa ia sadari, ia sedang memperlihatkan jati dirinya
yang asli. Yaitu, tidak bisa memegang rahasia, lemah kesetiakawanannya,
penggosip, penyebar berita bohong (karena belum tentu yang diceritakannya
benar). Ketahuilah, semakin banyak aib yang ia bicarakan/sebarkan, maka semakin
jelas keburukan diri si penyebar.
Perhatikan
firman Allah SWT berikut ini: ”Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar
(berita) perbuatan yang amat keji itu tersiar di kalangan orang-orang yang
beriman, bagi mereka azab yang pedih di dunia dan di akhirat … (QS. An-Nur: 19).
Dan perhatikan juga firman-Nya dalam ayat yang
lain: ”Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka,
sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari
kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang
lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah
mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah.
Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang” (QS. Al
Hujurat [49] :12).
Perhatikan hadits berikut ini: ”Barangsiapa
yang membela kehormatan saudaranya sesama muslim, maka Allah SWT akan
membelanya dari neraka kelak di hari Kiamat.” (HR. Tirmidzi 1932, Ahmad
6/450)
Perhatikan sabda Rasulullah SAW berikut ini: ”Tahukah
kalian apa itu ghibah? Jawab para sahabat : Allah dan rasul-Nya yang lebih
mengetahui. Maka kata Nabi saw: “engkau membicarakan saudaramu tentang apa yang
tidak disukainya. Kata para sahabat: Bagaimana jika pada diri saudara
kami itu benar ada hal yang dibicarakan itu? Jawab Nabi SAW: Jika apa
yang kamu bicarakan benar-benar ada padanya maka kamu telah mengghibah-nya, dan
jika apa yang kamu bicarakan tidak ada padanya maka kamu telah membuat
kedustaan atasnya.”(HR Muslim/2589, Abu Daud 4874, Tirmidzi 1935)
Jadi bila masih ada dari kita yang kadang masih
suka membicarakan dan atau mengungkapkan aib orang lain (sekalipun aib itu
benar) maka sadarlah segera, karena ghibah merupakan dosa besar yang hanya akan
diampuni, setelah orang yang kita ghibah memaafkan kita. Dan biasanya,
kebanyakan dari kita, sangat malu untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan
kita, pada orang yang telah kita bicarakan aibnya. Wallahu’alam.
Keterangan singkat:
Menceritakan aib orang lain adalah termasuk dosa besar dan termasuk maksiat yang paling tersebar di kalangan kaum muslimin, dan mereka menganggap gampang permasalahan ini dan meremehkan sehingga mereka tidak memungkiri perbuatan tersebut jika terjadi di hadapan mereka, dan ghibah ini adalah sebab terjadinya permusuhan antara kaum muslimin dan merusak persaudaraan di antara mereka, dan karena buruknya perbuatan ghibah ini Alloh Ta'ala mengumpamakan orang yang berbuat ghibah dengan orang yang makan daging saudaranya dalam keadaan mati, dan sangsi baginya bahwa dia di alam barzakh (alam antara kehidupan dan hari kiamat) mencabik-cabik muka dan dadanya sendiri.
Catatan:
Pertama: Haramnya perbuatan ghibah dan ghibah adalah termasuk dosa besar.Bahwa menyebut orang lain dengan sesuatu yang dia benci adalah termasuk ghibah yang haram dilakukan, walaupun hal itu benar-benar ada pada orang tersebut.
Kedua: Haramnya mendengarkan ghibah, karena orang yang mendengarkan telah membantu saudaranya untuk ghibah dan ridha dengan ghibah tersebut.
Ketiga: Wajibnya mengingkari orang yang berbuat ghibah dan melarangnya dari perbuatan tersebut.Sangat pedihnya sangsi bagi orang yang berbuat ghibah di alam barzakh.
Keemapat: Keutamaan melindungi kehormatan seorang muslim dan bahwa Allah akan memelihara mukanya dari api neraka pada hari kiamat.
Menceritakan aib orang lain adalah termasuk dosa besar dan termasuk maksiat yang paling tersebar di kalangan kaum muslimin, dan mereka menganggap gampang permasalahan ini dan meremehkan sehingga mereka tidak memungkiri perbuatan tersebut jika terjadi di hadapan mereka, dan ghibah ini adalah sebab terjadinya permusuhan antara kaum muslimin dan merusak persaudaraan di antara mereka, dan karena buruknya perbuatan ghibah ini Alloh Ta'ala mengumpamakan orang yang berbuat ghibah dengan orang yang makan daging saudaranya dalam keadaan mati, dan sangsi baginya bahwa dia di alam barzakh (alam antara kehidupan dan hari kiamat) mencabik-cabik muka dan dadanya sendiri.
Catatan:
Pertama: Haramnya perbuatan ghibah dan ghibah adalah termasuk dosa besar.Bahwa menyebut orang lain dengan sesuatu yang dia benci adalah termasuk ghibah yang haram dilakukan, walaupun hal itu benar-benar ada pada orang tersebut.
Kedua: Haramnya mendengarkan ghibah, karena orang yang mendengarkan telah membantu saudaranya untuk ghibah dan ridha dengan ghibah tersebut.
Ketiga: Wajibnya mengingkari orang yang berbuat ghibah dan melarangnya dari perbuatan tersebut.Sangat pedihnya sangsi bagi orang yang berbuat ghibah di alam barzakh.
Keemapat: Keutamaan melindungi kehormatan seorang muslim dan bahwa Allah akan memelihara mukanya dari api neraka pada hari kiamat.
“Semoga
tulisan ini bermanfaat bagi kita semua” Aamiin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar